8 Jenis Makanan Yang Menjadi Pantangan Penderita Kanker Payudara

Pantangan Penderita Kanker Payudara
Kanker Payudara merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita, hal ini dkarenakan kanker payudara tergolong dalam penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit ini ditandai dengan puting susu yang melesek kedalam, adanya benjolan di payudara, keluar darah atau cairan dari dalam puting, kulit payudara memerah layaknya kulit jeruk. ruam yang terjadi di sekitar puting susu dan masih banyak lagi. 

Kebanyakan penderita kanker payudara memilih untuk melakukan operasi demi sembuh dari penyakit mematikan ini. Namun tindakan tersebut tidak menutup kemungkinan jika sel kanker bisa tumbuh kembali. Maka dari itu, penderita dituntut agar berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Karena ada beberapa makanan yang harus dihindari penderita kanker payudara jika tidak ingin penyakitnya lebih parah dan kambuh lagi.

Mau tau apa saja makanan tersebut? Simak selengkapnya berikut ini :

1). Daging

Bagi penderita kanker payudara sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging.Entah itu daging sapi, kambing, babi dan juga kerbau. Hal ini dikarenakan daging mampu memicu pertumbuhan sel-sel yang abnormal.

2). Minuman Dingin atau ES

Minuman dingin atau ES sebaiknya dihindari para penderita kanker payudara. Hal ini disebabkan minuman itu bisa menghambat peredaran darah.

3). Daging Unggas

Biasanya para pemilik peternakan menyuntikkan obat-obatan kimia kedalam tubuh hewan agar bobotnya meningkat dengan cepat. Suntikan tersebut sama saja dengan hormon anabolic untuk manusia. Sebuah penelitian menunjukkan jika hormon tersebut diduga mampu memicu penyakit kanker kelenjar dan prostat. Untuk itu, penderita kanker payudara sebaiknya menghindari daging unggas.

4). Sayur-sayuran Tertentu

Meskipun pada dasarnya sayur-sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh.Namun ada beebrapa jenis sayuran yang harus dihindari oleh penderita kanker payudara. Sayur-sayuran tersebut adalah Tauge. Tauge mengandung beberapa zat yang memicu pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikhawatirkan kanker payudara semakin parah.

Selain tauge, penderita sebaiknya juga menghindari sawi putih dan kangkung.Karena Ke-2 sayuran ini mengandung zat yang mampu mengurangi kinerja obat yang anda konsumsi. Sehingga obat-obatan untuk menyembuhkan kanker payudara akan sia-sia jika anda makan sawi putih atau kangkung.

5). Buah-Buahan Tertentu

Tidak hanya sayuran saja yang dilarang untuk dikonsumsi penderita kanker, namun ada juga buah-buahan yang harus dihindari. Buah-buahan tersebut adalah kelengkeng, nanas,anggur, nangka,duku dan durian. Hal ini disebabkan jenis buah tersebut memiliki kandungan zat yang bisa merangsang pertumbuhan sel kanker.

6).
Seafood

Beberapa jenis seafood seperti kerang, cumi-cumi,kepiting dan sebagainya terkenal dengan kandungan lemak yang sangat tinggi. Untuk itu para penderita kanker payudara disarankan menjauhi seafoof. Karena tingginya lemak tersebut mampu merangsang pertumbuhan sel kanker.

7).
Ikan Asin

Ikan asin adalah hasil olahan ikan segar yang mengalami penguraian kemudian menjadi bahan allergen.Mengkonsumsi Ikan asin bisa mempengaruhi kekebalan tubuh. Beberapa dampak negatif lain yang ditimbulkan oleh konsumsi ikan asin adalah gatal-gatal, bengkak dan meriang. Sementara itu, penderita kanker akan mengalami rasa nyeri dibagian yang terkena kanker dan akan bereaksi berdenyut-denyut. Selanjutnya akan muncul efek lainnya seperti permukaan luka terlihat basah,gangguan penyerapan air, dan seringkali mengalami pendarahan.

Lebih parahnya lagi sejumlah pengolah ikan asin menambahkan formalin yang akan meracuni hati dan lambat laun mengganggu kinerja sel dan jaringan sehingga menyebabkan terjadinya kanker.

8). Makanan Yang Dibakar

Untuk anda yang menderita kanker payudara sebaiknya menghindari makanan yang dibakar seperti sate, ayam bakar, tahu bakar dan sebagainya. Hal ini dikarenakan bagian hangusnya memiliki kandungan zat karsinogen yang mampu memperparah kondisi kanker.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami